Wisata Komodo Labuan Bajo, Ini 5 Alasan Kenapa Anda Harus Kesini

manta point labuan bajo

Wisata Komodo Labuan Bajo – Indonesia tak pernah kehabisan kekayaan hayati yang menjadi daya tarik memesona. Mulai dari hamparan rumpun padi, nyiur melambai, hingga kebudayaan warisan leluhur nusantara.

Tak hanya itu, kekayaan Indonesia juga berupa flora fauna yang hanya ada di tanah nusantara. Tak jarang pesona flora dan fauna ini membuat masyarakat dunia takjub dengan ragam kekayaan Indonesia.

Salah satu fauna yang menjadi ikon di Indonesia adalah Komodo. Uniknya lagi, Kodomo hanya hidup di sebuah pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) yaitu, Pulau Komodo.

Jika Anda ingin merasakan pengalaman liburan yang unik, Berlibur di Pulau Komodo adalah jawabannya. Tak hanya Pulau Komodo, Anda juga otomatis berkunjung ke desa yang menjadi tempat penyeberangan ke Pulau Komodo, apalagi kalau bukan Labuan Bajo.

Sebagai desa wisata, Labuan Bajo tak hanya sekadar tempat penyeberangan. Labuan Bajo juga menawarkan keindahan lainnya yang terjamin memuaskan liburan Anda.

Mengapa Anda Harus ke Wisata Komodo Labuan Bajo

Berikut 5 alasan Anda harus memasukkan Wisata Komodo Labuan Bajo ke dalam wishlist liburan.

  • Destinasi Wisata Komplit Liburan

Biasanya, jika anda berkunjung di suatu tempat wisata, maka Anda hanya mendapati satu jenis pemandangan saja. Berbeda dengan Pulau Komodo, sebelum menuju pulau di seberang anda dapat berkunjung di desa wisata bernama Labuan Bajo. Labuan Bajo memiliki beberapa destinasi wisata yang harus anda kunjungi sebelum atau sesudah berkunjung ke Pulau Komodo.

Anda bisa berkunjung ke Gua Batu Cermin. Gua ini memiliki nama yang unik. Batu Cermin berasal dari adanya celah masuk matahari di dalam gua.

Cahaya matahari dipantulkan oleh batu-batu yang ada di dalamnya sehingga membuat refleksi seperti cermin yang memantulkan cahaya. Tak hanya itu, Gua Batu Cermin juga menyimpan fosil-fosil hewan laut di bagian dinding gua. Hal ini menunjukan bahwa gua ini berada di dasar laut pada zaman dahulu kala.

Selain gua yang unik, terdapat pula kampung wisata bernama Kampung Melo di sekitar area Labuan Bajo. Di sini Anda dapat melihat kearifan lokal masyarakat berupa tarian caci yang ditarikan lelaki Kampung Melo untuk menyambut tamu.

Uniknya lagi, tari ini menampilkan para lelaki yang menari dengan pecut dan tameng. Para penari saling menyerang dengan pecut dan melindungi diri dengan tameng tersebut.

Tak hanya budaya dan gua yang ikonik, wisata Komodo Labuan Bajo juga memiliki pantai-pantai yang sangat cantik. Salah satunya adalah Pantai Pede. Pantai ini merupakan sunset point yang ada di desa Labuan Bajo.

Pantai ini diapit perbukitan Gorontalo dan Pramuka. Selain itu, adapula Pink Beach yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan para traveler. Pasir pantai yang bewarna merah muda ini menarik hati banyak wisatawan baik lokal maupun internasional.

  • Bisa Hopping Islands
wisata komodo labuan bajo
Taman Nasional Komodo

Labuan Bajo dan wisata Komodo yang terletak di pesisir pantai juga memiliki pulau-pulau kecil yang sangat menawan. Anda bisa hopping islands selama beberapa hari ke beberapa pulau sekaligus, seperti Pulau Kenawa, Pulau Bidadari, Pulau Rinca, dan Pulau Kelor.

Pulau-pulau ini masih berada di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo dan merupakan spot snorkeling dengan pemandangan bawah laut sangat cantik. Terdapat aneka terumbu karang dan hewan laut yang dapat anda temui.

Sementara itu, Pulau Rinca juga memiliki pesona lainnya berupa jalur pendakian bukit yang anda tempuh untuk melihat keindahan Taman Nasional di atas ketinggian. Anda juga dapat menemukan komodo di kawasan Pulau Rinca.

Dalam melakukan hop to hop islands Anda harus memesan kapal sejak jauh-jauh hari mengingat banyaknya animo wisatawan melakukan wisata keliling pulau ini. Anda juga harus memperhatikan kesehatan karena anda akan berada di dalam kapal dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Wisata Komodo yang Edukatif

Jalan-jalan di Pulau Komodo tidak hanya sekadar snorkeling dan berlayar ke berbagai pulau. Jika anda senang belajar atau membawa si buah hati yang sedang berada di fase mencari tahu, Anda akan mendapatkan materi yang informatif dari para ranger. Saat sampai di Pulau Komodo, anda akan mendengarkan penjelasan tentang jenis, sifat, kebiasaan, dan tentang keberadaan Pulau Komodo itu sendiri.

Selama melakukan perjalanan melihat Komodo, Anda harus berhati-hati dan selalu menjaga keselamatan. Jangan merusak habitat atau mengganggu Komodo.

Hal ini untuk menghindari Komodo terganggu atau bahkan menyerang anda. Terdapat 2.500 Komodo yang ada di Taman Nasional ini. Komodo yang terus terancam punah harus dilestarikan dengan cara tidak merusak Taman Nasional atau mengganggu reptil kebanggaan Indonesia ini.

  • Manta, Teman Komodo
manta point labuan bajo
Foto by pinterest.com

Mengunjungi Labuan Bajo dan Pulau Komodo tidak hanya tentang Komodo itu sendiri. Sepertinya NTT tak pernah kehabisan kekayaan alam. Jika anda penikmat wisata bawah laut melalui snorkeling, Anda wajib mengunjungi Manta Point.

Manta Point terletak di tepi Labuan Bajo tepatnya di Loh Liang. Di sini Anda dapat melihat salah satu satwa yang juga dilindungi yaitu, Manta Ray atau Ikan Pari Manta khas Indonesia timur. Di Manta Point ini, Anda dapat bermain, menyentuh, dan memberi makan Ikan Pari Manta.

Selain snorkeling untuk melihat Manta Ray, Anda juga dapat menemukan koloni ubur-ubur. Faktanya, jika terdapat Ikan Pari Manta, maka ada pula koloni ubur-ubur sebagai makanan Ikan Pari Manta.

Ikan Pari Manta juga melakukan perburuan ubur-ubur secara koloni. Oleh karena itu, jika Anda mendapati gerombolan Ikan Pari Manta, maka Ikan Pari tersebut sedang berburu koloni ubur-ubur. Sangat menarik bukan?

  • Wisata Kuliner Murah Meriah di Labuan Bajo

Salah satu hal penting saat melakukan perjalanan wisata adalah makanan. Memang terdapat banyak café dan restoran di area Labuan Baju. Namun, Anda tentunya akan merasa rugi mengeluarkan bujet yang lumayan tinggi untuk makan di restauran. Anda tak perlu resah karena ada banyak spot kuliner yang enak milik penduduk setempat.

Salah satu makanan khas Nusa Tenggara Timur yang sangat legendaris adalah ikan kuah asam. Jika Anda membeli di warung milik penduduk setempat, Anda akan mendapatkan harga terjangkau serta rasa yang lebih enak karena berasal dari resep asli turun-temurun. Ikan kuah asam bewarna kuning dengan sensasi asam pedas yang sangat menggugah selera Anda.

Boga bahari Kampung Ujung dikenal sebagai salah satu boga bahari terbaik di Labuan Bajo. Kawasan Kampung Ujung yang terdiri dari masyarakat bermatapencaharian nelayan juga menjual hasil tangkapan laut mereka.

Rasa boga bahari di Kampung Ujung sangat nikmat karena hasil tangkapan sangat segar saat diolah. Orang-orang Labuan Bajo mengenal frasa “Ikan-ikan Labuan Bajo baru mati sekali.” Frasa ini menggambarkan bahwa ikan, kerang, udang, cumi-cumi, dsb berkualitas sangat segar dan baik. Tentu, berbeda dengan boga bahari di kota.

Bantu share ya agar wisata Indonesia semakin dikenal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Mau Liburan? Hubungi Kami Aja

Harga Hemat Pelayanan Hebat 

Temukan Artikel Menarik Lainnya

Copyright 2019 By Logo Lombok X Promosi Plus