Punya Rencana Tour Labuan Bajo? Ini 6 Wisata Cantik Yang Bisa Di Lihat

tour labuan bajo

Labuan Bajo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat.  Labuan Bajo berada di ujung barat Pulau Flores. Keindahan alam di pulau Flores sangat menakjubkan. Pulau-pulau yang masih sangat asri adalah daya tarik paling diminati dari tour Labuan Bajo ini.

Air laut yang masih sangat jernih berwarna kehijauan sangat memanjakan mata. Pondok-pondok yang terbuat dari kayu dan beratap jerami membuat Labuan Bajo semakin asri dengan suasana alam.

Labuan Bajo juga dekat dengan pulau yang merupakan salah satu situs warisan dunia, yaitu Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Karena hal ini, Labuan Bajo sangat banyak dikunjungi wisatawan.

Jika anda ingin berlibur ke Labuan Bajo, anda dapat mengunjungi pulau-pulau yang ada di sekitarnya, seperti, Pulau Seraya, Pulau Bidadari, Pulau Sabolo, dan Pulau Kanawa. Di selatan Labuan Bajo, terdapat Pulau Rinca yang sangat indah dikala matahari mulai terbenam.

6 Destinasi Wisata Cantik Saat Tour Ke Labuan Bajo

Labuan Bajo tak hanya didatangi wisatawan lokal, namun juga wisatawan Mancanegara. Terdapat banyak destinasi wisata menakjubkan di Labuan Bajo yang sangat wajib dikunjungi.

  • Glili Laba
tour labuan bajo
Foto by Nuris

Gili Laba merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Taman Nasional Pulau Komodo. Hamparan laut yang eksotik menjadi daya tarik yang sangat indah. Laut yang biru dan jernih menambah pesona Gili Laba.

Pemandangan indah ini dapat dilihat dari atas bukit. Pepohonan yang rimbun di sekitar Gili Laba juga tidak kalah menarik. Apabila musim penghujan datang warnanya akan sangat hijau, sedangkan apabila musim kemarau tiba, warnanya berwarna kekuningan.

Untuk dapat menikmati pesona keinadahan Gili Laba. Kamu dapat menaiki bukit yang ada di sana. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk menaiki bukit di Glili Laba. Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan sebelum menaiki bukit Gili Laba.

Terdapat jalur pendakian yang dapat diakses menuju puncak Gili Laba, namun tidak terdapat titik khusus dimana kamu harus mendaki. Walau membutuhkan tenaga yang ekstra, kelelahan Anda akan terbayar dengan keindahan pemandangan dari puncak Bukit Gili Laba.

Hamparan alam kepulauan Komodo akan memanjakan mata Anda. Jika Anda tidak ingin pergi mendaki bukit di Gili Laba, Anda juga dapat menikmati keindahan lautnya dengan snorkeling, berjemur maupun bermain air di indahnya Pantai Gili Laba. Perjalanan menuju pantai Gili Laba memakan waktu 1 jam dari Pulau Komodo, sedangkan dari Labuan Bajo sendiri, memakan waktu 3 Jam.

  • Pulau Padar
pulau padar

Pulau Padar merupakan Pulau yang terletak di antara Pulau Komodo dan Labuan Bajo. Pulau ini memiliki ciri khas, tidak memiliki pohon besar, namun hanya terdapat ilalang-ilalang rerumputan yang subur.

Sama halnya dengan Pulau-pulau lain di Labuan Bajo. Anda harus mendaki bukit untuk melihat keindahan Pulau Padar. Jika ingin mendaki disarankan menggunakan alas kaki sepatu karena jalan yang dilalui untuk mendaki bukit di Pulau Padar cukup sulit.

Keindahan pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo akan terlihat jelas dari atas bukit Pulau Padar. Rumput ilalang yang kekuningan menambah keindahan khas Pulau Padar.

  • Pulau Kanawa
pulau kanawa
Foto by liputan6.com

Pulau Kanawa memiliki luas 35 hektar dan terletak di Nusa Tenggara Timur. Pulau ini memiliki keindahan dasar laut yang sangat luar biasa. Air laut yang bening membuat dasar laut yang indah terlihat dengan jelas.

Bahkan keindahan bawah lautnya tidak kalah dengan laut Bunaken. Air laut berwarna biru kehijauan dan pasir putih yang terhampar membuat Pulau Kanawa asik untuk dinikmati.

Keindahan bawah laut pulau Kanawa dapat dilihat dari atas permukaan laut. Batu karang yang indah, penyu-penyu, serta ikan-ikan kecil terlihat dari permukaan laut yang jernih.

Sangat menyenangkan apabila Anda dapat bersnorkeling di pantai Pulau Kanawa. Apalagi saat sore, air laut di pantai Pulau Kanawa akan surut sehingga mempermudah Anda dalam bersnorkeling. Selain snorkeling, anda juga dapat melakukan diving di indahnya laut Pulau Kanawa.

Tersedia juga Diving Center sehingga Anda tak perlu khawatir untuk mencari perlengkapan diving.Tersedia juga penginapan berupa cottagedi Pulau Kanawa dengan tarif Rp300.000 per malam.

Dari Labuan Bajo menuju pulau Kanawa, dapat ditempuh dengan jarak 15 KM. Anda dapat mencapai Pulau ini menggunakan speedboat dengan tarif Rp60.000 per orang. Anda dapat juga menyewa kapal sewaan yang memiliki tarif Rp250.000 per orang.

  • Pulau Rinca
pulau rinca
Foto by triptrus.com

Pulau Rinca merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau di pulau Komodo. Selain di Pulau Komodo, komodo juga berhabitat di pulau ini. Pulau ini dihuni oleh sekitar 1500 ekor Komodo.

Pulau ini adalah pulau yang paling dekat dengan Labuan Bajo. Pulau Rinca memiliki puncak tertinggi yang disebut Gunung Ora dengan ketinggian 670 mdpl. Terdapat satwa liar lain yang berhabitat di pulau Rinci, seperti babi liar, kerbau, dan burung.

Terdapat program kegiatan pelestarian lingkungan yang disediakan di Pulau Rinci. Kegiatan pelestarian lingkungan ini berupa penanaman tanaman bakau. Biaya untuk mengikuti program ini adalah sebesar Rp150.000,00 per orang. Apabila Anda mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan ini, Anda akan mendapatkan 1 buah bibit tanaman bakau yang dapat diberi label nama Anda.

Perjalanan menuju Pulau Rinca dari tour Labuan Bajo memakan waktu selama 2 jam menggunakan kapal sewaan. Sesampai di Pulau Rinca, kapal akan sampai di dermaga Loh Buaya. Kemudian, Anda dapat membeli tiket masuk Pulau Rinca, seharga Rp25.000,00 per orang.

  • Gua Rangko

Gua Rangko terletak di Desa Rangko, Kabubapten Manggarai Barat, Nusa tenggara Timur. Gua inimemiliki keunikan berupa kolam yang berisi air laut yang berwarna biru jernih.

Selain itu terdapat berbagai macam stalaktit menghiasi gua Rangko yang membuat Gua Rangko sangat terlihat eksotis.  Untuk mencapai tempat ini, jalanan yang dilalui cukup terjal, karena Gua Rangko berada di wilayah pedalaman. Akses jalan menuju Gua Rangko hanya dapat dilalui oleh sepeda motor.

Jalanan yang dilalui sangat sulit karena dipenuhi semak belukar serta bebatuan, akan tetapi keindahan Gua Rangko akan membuat Anda lupa dengan sulitnya akses yang telah dilewati.

Jika Anda menginginkan pemandu saat berwisata di Gua Rangko, Anda bisa menyewa pemandu yang biasanya menawarkan jasa di sepanjang perjalanan menuju Gua Rangko.

Untuk masuk ke dalam Gua, Anda harus menaiki Kapal Nelayan terlebih dahulu, tarif per orangnya adalah sebesar Rp300.000,00 sampai dengan Rp350.000,00. Sesampainya di Gua Rangko anda dapat berenang atau sekedar berkeliling melihat keindahan stalaktit.

  • Air terjun CuncaWulang

Air terjun Cunca Wulang menjadi destinasi alam yang wajib juga anda kunjungi apabila tour ke Labuan Bajo. Air terjun ini terletak di kawasan hutan Mbeliling.

Berada pada ketinggian 200 mdpl, air terjun cuma arang dikatakan mirip dengan wisata Green Canyon di Amerika Serikat, namun dalam versi yang lebih sempit. Anda dapat berenang di Air terjun Cunca Wulang yang segar.

Bahkan, Anda dapat melompat dari atas batu untuk merasakan sensasi yang lebih menyenangkan. Air Terjun Cunca Wulang berjarak 30 KM atau satu jam dari pelabuhan Labuan Bajo.

Untuk menuju Air terjun Cunca Wulang, Anda harus melewati banyak hutan, pejalanannya pun cukup panjang yaitu memakan waktu selama 1 jam dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, bawalah bekal yang cukup selama perjalanan ke Air Terjun CuncaWulang.

Labuan Bajo merupakan destinasi yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang hobi bertraveling, kelima destinasi diatas sangat wajib untuk dikunjungi. Anda tidak perlu bertraveling ke luar negeri untuk mendapatkan liburan dengan pemandangan indah. Labuan Bajo adalah pilihan destinasi wisata di Indonesia yang keindahannya diakui dunia. Agar liburan Anda aman dan nyaman, Anda bisa mengikuti tips liburan ke Labuan Bajo.

Bantu share ya agar wisata Indonesia semakin dikenal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Mau Liburan? Hubungi Kami Aja

Harga Hemat Pelayanan Hebat 

Temukan Artikel Menarik Lainnya

Copyright 2019 By Logo Lombok X Promosi Plus