Pengalaman Liburan Ke Labuan Bajo Mengunjungi 8 Wisata Cantik Ini

pengalaman liburan ke labuan bajo

Pengalaman Liburan Ke Labuan Bajo – Indonesia merupakan Negara yang memiliki destinasi wisata yang beragam. Hampir setiap daerah memiliki lokasi wisata yang indah dan mempesona sehingga masyarakat tidak perlu bingung untuk mencari tujuan di akhir pekan atau di hari libur. Wisata yang ada disuatu daerah bervariasi, mulai dari wisata bahari, wisata sejarah, wisata kuliner, maupun wisata budaya.

Wisata Menarik dengan Kearifan Lokal

Wisata bahari dapat dikatakan menjadi wisata andalan yang dimiliki Indonesia. Hal ini dikarenakan bentuk Negara Indonesia adalah kepulauan dimana setiap pulaunya dihubungkan oleh perairan.

Dengan tersedianya wilayah perairan yang luas tersebut, tidak sulit bagi masyarakat Indonesia untuk mencari objek wisata bahari yang tidak kalah bagus dengan destinasi wisata bahari di luar negeri. Bahkan, beberapa objek wisata bahari yang ada di Indonesia sudah terkenal di kalangan turis mancanegara.

Salah satu destinasi liburan menarik yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menghabiskan waktu liburan di dalam negeri adalah Labuan Bajo.

Terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, Labuan Bajo merupakan satu dari 19 desa yang ada di kecamatan Komodo.

Keindahan alam yang ada di tempat ini sudah tidak perlu diragukan lagi terlebih bagi Anda yang senang dengan suasana sedikit tenang.

Walaupun berada di pulau yang luasnya tidak begitu besar, namun fasilitas yang tersedia di Labuan Bajo cukup memadai. Beberapa fasilitas utama yang mungkin dibutuhkan ketika berkunjung ke Labuan Bajo diantaranya yaitu :

  • Pusat pemerintahan yang strategis

Beberapa instansi pemerintahan yang dapat menunjang keperluan masyarakat dalam hal administrasi atau keperluan lain dapat dengan mudah dijangkau. Tentunya di setiap instansi tersebut sudah disediakan fasilitas yang memadai.

  • Pusat pendidikan

Sudah tersedia 4 Sekolah Menengah Atas dan 4 Sekolah Menengah Pertama yang dapat menunjang ilmu pendidikan bagi masyarakat lokal. Dengan adanya institusi pendidikan di daerah tersebut, masyarakat tidak perlu menempuh pendidikan wajib ke luar daerah.

  • Pusat perdagangan

Wilayah perairan yang berada di Labuan Bajo dijadikan tempat berlabuh bagi para pedagang yang berasal dari Makassar. Kegiatan ekonomi juga berlangsung disini antara orang Bajo dan Bugis.

  • Pusat pariwisata

Inilah poin yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Keindahan alam yang dimiliki Labuan Bajo mampu menyihir turis untuk berkunjung. Beberapa destinasi wisata andalan yang ditawarkan berupa pantai, gua, dan pulau-pulau kecil yang menyimpan keindahan.

Pengalaman Liburan Ke Labuan Bajo Melihat 8 Wisata Ini

Berkunjung ke Labuan Bajo tidak sah rasanya jika tidak mendatangi destinasi-destinasi unggulan yang memiliki keunikan tersendiri. Beberapa destinasi wisata yang dapat menjadi daftar kunjungan bagi turis yaitu :

  • Pulau Padar

Pulau kecil yang memiliki garis pantai menakjubkan ini disebut-sebut sebagai surga bagi sebagian orang karena keindahan yang ditawarkan.

Pasir putih di tepi  pulau menambah nilai estetika dan dapat memanjakan kaki pengunjung. Pengunjung juga dapat menikmati matahari terbit dan tenggelam di atas bukit yang ada di pulau ini. Selain itu, pengunjung juga tidak dikenai biaya untuk memasuki objek wisata ini.

  • Pulau Komodo
pengalaman liburan ke labuan bajo
serunya wisata di pulau padar

Wisata Komodo Labuan Bajo merupakan destinasi wisata yang wajib didatangi ketika berlibur ke Labuan Bajo. Pulau ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia yang digunakan sebagai habitat oleh komodo.

Di pulau ini, pengunjung dapat melihat bagaimana komodo bertahan hidup, berkembang biak, makan dan menyesuaikan dirinya di habitat asli.

Komodo yang dapat dilihat pun beragam ukurannya tergantung yang Anda temui selama menyusuri pulau ini. Anda akan didampingi oleh pawang komodo yang sudah berpengalaman selama berada di pulau tersebut.

  • Pulau Kanawa
pulau kanawa
Foto by liputan6.com

Pulau ini termasuk salah satu rekomendasi lain yang tepat bagi Anda yang menyukai pantai dengan air jernih. Keindahan bawah laut dapat Anda lihat dari permukaan karena air laut yang jernih berwarna biru kehijauan.

Keberadaan ikan-ikan kecil di dalam terumbu karang juga tidak kalah cantik. Di pulau ini, pengunjung harus selalu mentaati peraturan yang telah ditetapkan agar keindahan dan kebersihan pulau selalu terjaga.

  • Wae Rebo

Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan panorama pegunungan dan juga kehangatan masyarakat setempat yang masih menghuni rumah adat untuk tinggal.

Beberapa orang menyebut tempat ini sebagai negeri di atas awan karena saat berada di puncak pegunungan, pengunjung akan diselimuti oleh awan berwarna putih yang jumlahnya cukup banyak.

  • Manta Point

Jika Anda termasuk orang yang gemar dengan melihat keindahan ekosistem bawah laut, tempat ini wajib didatangi. Disini pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan laut langka khas Indonesia yaitu Manta Ray.

Menyelam sambil ditemani sekelompok satwa yang dilindungi ini akan menambah pengalaman dan tentunya sulit untuk dilupakan.

  • Danau Kelimutu

Destinasi wisata yang satu ini sudah terkenal sejak lama. Terdapat tiga buah danau besar yang memiliki warna berbeda dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Anda dapat berfoto dengan latar yang unik dan jarang ditemukan di tempat lain. Danau ini juga menyimpan mitos, legenda dan sejarah asli yang diyakini oleh masyarakat setempat.

  • Kampung Melo

Objek wisata yang satu ini menyuguhkan keunikan budaya yang dimiliki oleh masyarakat asli penghuni pulau. Sambutan berupa tarian tradisional selalu ditampilkan untuk menyambut kedatangan turis yang sedang berkunjung.

  • Air Terjun Cunca Lawang

Air terjun ini berada di kawasan Hutan Mbeliling yang memiliki daratan cukup tinggi. Bebatuan yang mengapit di sepanjang sisi air terjun dan air jernih yang mengalir sekilas membuat Air Terjun Cunca Lawang mirip dengan Green Canyon.

Pengunjung dapat memanjat bebatuan di tepi air terjun untuk kemudian meloncat dari ketinggian. Namun, tentu perlu arahan dari pewandu wisata yang ada di tempat tersebut.

Adapula beberapa tradisi budaya yang bisa Anda dapatkan di pengalaman liburan ke Labuan Bajo untuk Anda yang ingin lebih mengenali kearifan lokal masyarakat setempat. Beberapa tradisi asli yang masih ada di Labuan Bajo hingga saat ini yaitu :

1. Suku Laut

Suku Bajau atau suku Bajo identik dengan suku laut. Hal ini dikarenakan oleh kebiasaan turun-temurun dalam kehidupan mereka menggunakan perahu untuk menangkap ikan di perairan Indonesia dalam waktu yang cukup lama.

Disini Anda dapat melihat kegiatan masyarakat setempat yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Suasana tradisional masih dapat dirasakan sepanjang berada di sekitar lingkungan suku laut.

2. Festival Komodo

Festival yang dilaksanakan setiap bulan maret sekitar tanggal 5 hingga 10 ini sering dinanti oleh turis yang berkunjung ke NTT. Penampilan parade kesenian, keunikan tari tradisional sampai pentas seni oleh masyarakat lokal menjadi daya tarik bagi wisatawan.

3. Tradisi Kepok

Tradisi ini dilakukan oleh ketua adat dalam menyambut turis yang datang berkunjung ke Labuan Bajo.

Adanya pemotongan ayam jantan putih atau merah sebagai penanda bahwa masyarakat setempat sangat mencintai leluhurnya. Selain itu tradisi ini juga menghadirkan ramah-tamah antara warga local dengan pengunjung.

Beberapa destinasi wisata dan tradisi unik yang dimiliki oleh Labuan Bajo dapat Anda pertimbangkan untuk menjadi daftar kunjungan liburan. Pengalaman liburan ke Labuan Bajo semakin seru dan berkesan ketika mengunjungi 8 wisata cantik dan beberapa festival menarik lainnya.

Bantu share ya agar wisata Indonesia semakin dikenal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Mau Liburan? Hubungi Kami Aja

Harga Hemat Pelayanan Hebat 

Temukan Artikel Menarik Lainnya

Copyright 2019 By Logo Lombok X Promosi Plus