Pantai Nihiwatu Pantai Terbaik Di Asia, Yuk Intip Keindahannya

pantai nihiwatu

Berbicara tentang keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Selalu ada tempat wisata alam yang belum pernah dikunjungi. Indonesia memang memiliki keindahan alam yang tersembunyi. Selain jalur yang tidak biasa, tidak banyak pula orang yang megetahui lokasinya. Salah satunya adalah pantai Nihiwatu yang ada di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tanah Sumba memiliki keindahan surga dunia yang tidak ada habisnya. Jika dibandingkan dengan Pantai Pink yang ada di NTT, pantai Nihiwatu memang tidak banyak yang mengetahuinya.

Namun ternyata diam-diam pantai Nihiwatu telah banyak dikenal hingga kancah dunia. Bahkan pantai ini masuk ke dalam 100 pantai terbaik yang ada di dunia dan menempatkan diri pada urutan ke-17 sebagai pantai terbaik dunia.

Pantai Nihiwatu merupakan satu-satunya pantai di Indonesia yang menjadi pantai terbaik di Asia. Selain itu, pantai yang berada di tanah Sumba ini juga berhasil mengalahkan keindahan Pantai Hanalei Bay yang ada di Hawai paada peringkat ke-27. Untuk bisa sampai ke pantai yang berada di Sumba Barat NTT ini memang  membutuhkan waktu yang cukup lama.

Meski demikian, perjalanan panjang yang Anda tempuh akan tergatikan dengan keindahan dan percikan air laut yang jernih dan menenangkan.

Selain itu, Nihiwatu akan memanjakan setiap pijakan kaki Anda dengan pasir putih yang lembut dan bersih serta keindahan matahari terbenam di ufuk yang memanjakan mata.

pantai nihiwatu
Foto by travelingyuk.com

Nihiwatu merupakan pantai yang wajib Anda kunjungi jika Anda merupakan orang yang memiliki hobi berselancar. Selain menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, Nihiwatu juga merupakan salah satu surge para peselancar dunia untuk mencoba menaklukan keganasan ombak Nihiwatu. Tidak heran jika pantai ini mendapat julukan sebagai Left God Waves karena memiliki ombak yang diklaim sebagai ombak tercepat di dunia.

Bagi Anda yang ingin mencoba keganasan ombak Nihiwatu, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua peselancar dapat berselancar dalam satu waktu. Maksimal 10 peselancar yang berada di pantai. Hal ini bukan tanpa alasan, pembatasan jumlah peselancar dilakukan guna menjaga keamanan dan keselamatan para peselancar.

Tidak hanya berselancar, di pantai ini Ana juga dapat memancing, snorkeling, menyelam bahkan Anda dapat berlayar di teluk Pantai Konda Maloba. Selain itu, bagi pecinta hewan, Anda dapat mengamati burung yang ada di sekitar pantaihingga trekking ke air terjun. Anda juga dapat menikmati pemandangan sekitar dengan bersepeda di sekitar penginapan.

Namun sayangnya, pantai ini hanya dapat dikunjungi oleh orang tertentu saja. Tidak sembarang orang dapat memasuki kawasan pantai, bahkan masyarakat Sumba sekalipun. Pantai ini memang menjadi kawasan private bagi sebagian orang. Tidak heran jika pantai ini lebih dikenal oleh masyarakat dunia.

Pantai dengan pasir putih sepanjang 2,5 km memang memberikan pelayanan internasional bagi para pengunjungnya. Pantai Nihiwatu sangat eksklusif karena hanya pengunjung Resort Nihiwatu yang dapat menikmati keindahan pantai ini.

Jika ingin berlibur ke Nihiwatu, Anda harus merogoh kocek cukup dalam. Namun harga yang Anda bayarkan sepadan dengan keindahan yang Anda dapatkan.

Pada tahun 2012, Resort Nihiwatu mendapatkan penghargaan sebagai Hotel Terbaik ke-2 di Indonesia. Pemilik resort ini memang warga negara asing, namun hampir 90% karyawan di resort ini merupakan masyarakat lokal. Tentunya hal ini menjadi nilai plus bagi para wisatawan, karena masyarakat Sumba menawarkan keunikan tersendiri.

Masyarakat Sumba dikenal masih kental dengan budaya Megalitikum atau praktik kebudayaan yang melibatkan monumen yang terbuat dari batu. Makam-makam yang ada di rumah adat Sumba terbuat dari batu yang tentunya dapat menarik minat wisatawan. Namun sayangnya, keindahan pantai Nihiwatu belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Bagi Anda yang ingin merasakan keindahan Nihiawatu, beberapa tips berikut bisa Anda aplikasikan sebagai persiapan menuju surga dunia di Indonesia ini.

Panduan Liburan ke Pantai Nihiwatu

  • Melalui Jalur Udara

Jika Anda melakukan perjalan dengan penerbangan internasional, Anda dapat berangkat dari Bandara Ngurah Rai, Bali menuju Bandara Tambolaka, Sumba Barat.

Sesampainya di Sumba, Anda akan menempuh perjalanan selama 2-3 jam perjalan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau Anda dapat menyewa mobil untuk mengantar Anda.

Selama perjalanan, Anda akan disguhkan dengan pemandangan keindahan Sumba. Alternatif lain yang bisa Anda tempuh jika menggunakan jalur udara adalah melalui Bandara Eltari, Kupang atau melalui Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, Sumba Timur dan mendarat di Bandara Tambolaka.

  • Melalui Jalur Darat dan Jalur Laut

Perjalan dengan jalur darat dan laut tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan jalur udara. Pergi ke Nihiwatu dengan menggunakan jalur darat dan laut jika Anda berangkat dari Jawa Timur dapat Anda tempuh dengan berlabuh dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Kemudian Anda akan melanjutkan perjalan menuju Pelabuhan Padang Bay, Bali ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Anda akan menempuh perjalan darat menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Timur. Dari Lembar Anda kemudian menyeberang ke Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa yang ditempuh dalam waktu 2-3 jam.

Perjalanan Anda menuju Nihiwatu masih panjang, Anda masih harus menempuh perjalan darat menuju Plabuhan Sape, Bima. Terakhir Anda akan menyeberang menuju Pelabuhan Waikelo, Sumba Barat yang ditempuh dalam waktu 6-8 jam. Perjalanan panjang dan melelahkan akan terbayangkan dengan keindahan Nihiwatu yang menyambut Anda.

Tips Wisata di Nihiwatu

  1. Jika Anda berencana untuk liburan Nihiwatu, sebaiknya Anda sering-sering melihat promo di internet. Biasanya terdapat penawaran menarik dan diskon hotel yang ditawarkan pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, Anda juga dapat menanyakan pada agen travel jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.
  2. Jika Anda memilih untuk melakukan perjalan melalui jalur darat dan laut, pastikan Anda membawa perbekalan yang cukup karena jarak tempuh yang panjang dan memakan waktu lebih dari satu hari. Hal ini juga untuk mengantisipasi tidak adanya penjual makanan selama perjalanan.
  3. Karena suhu udara di Nihiwatu cukup terik, siapkan pelindung sinar UV seperti, kacamata UV, topi dan yang terpenting lotion tabir surya. Pastikan semua perlengkapan telah masuk ke dalam koper karena sebagian besar aktivitas Anda akan dilakukan di luar ruangan.
  4. Saat bermain air laut, pastikan Anda berhati-hati dan bersama teman. Hal ini karena ombak di Pantai Nihiwatu cukup besar.
  5. Pastikan Anda menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan menjaga alam dan tidak mencemarinya merupakan bagian dari rasa hormat kepada masyarakat setempat.

Pantai Nihiwatu sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu sendiri atau bisa juga sebagai pilihan tempat honeymoon bagi pasangan yang baru menikah.

Hal ini karena pantai ini jauh dari pusat keramaian kota, sehingga cocok bagi Anda yang menginginkan suasana yang tenang. Bagaimana, tertarik untuk berlibur ke surga tersembunyi di Indonesia ini?

Bantu share ya agar wisata Indonesia semakin dikenal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Mau Liburan? Hubungi Kami Aja

Harga Hemat Pelayanan Hebat 

Temukan Artikel Menarik Lainnya

Copyright 2019 By Logo Lombok X Promosi Plus