Manta Point Labuan Bajo dan Pink Beach : Ragam Keindahan Bawah Laut

manta point labuan bajo

Mendengar Labuan Bajo, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah Taman Nasional Komodo. Padahal, di Labuan Bajo Anda tidak hanya bisa menikmati wisata Pulau Komodo saja lho. Ada banyak wisata menarik seperti Pink Beach dan Manta Point Labuan Bajo.

Wisata Labuan Bajo juga menyuguhkan panorama alam dan kekayaan bahari yang bisa Anda nikmati untuk menyegarkan pikiran kembali. Terlebih tak lama lagi akan memasuki libur akhir tahun.

Setelah hampir setahun ini bekerja keras, tentu rasa penat menjalari seluruh tubuh Anda. Nah, maka tak ada salahnya Anda melepas penat dengan berkunjung ke salah satu wisata di bagian timur Indonesia ini, Labuan Bajo.

Lihat Lebih Dekat Keindahan Pink Beach dan Manta Point Labuan Bajo

Lebih Dekat dengan Labuan Bajo

Labuan Bajo, menurut asal usulnya diambil dari dua kata, Labuan yang artinya ‘pelabuhan’ dan Bajo yang artinya ‘Suku Bajo’. Suku Bajo sendiri merupakan suku yang berasal dari Sulawesi, tepatnya mereka bermukim di pesisir barat Flores, Nusa tenggara Timur. Sekarang ini, suku tersebut tidak lagi hidup sendiri melainkan hidup berdampingan dengan suku aslinya, yaitu Suku Flores.

Labuan Bajo sendiri merupakan salah satu desa dari sembilan desa dan kelurahan yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Desa ini merupakan kelurahan sekaligus ibu kota Kecamatan Komodo. Nah, wilayah inilah yang saat ini dikembangkan menjadi Kota Labuan Bajo.

Adapun wilayah Labuan Bajo meliputi Kampung Ujung, Kampung Tengah, Kampung Air, Lamtoro, Wae Medu, Cowang Dereng, Wae Kasambi, Wae Bo, Lancang, Sernaru, Wae Mata, dan sebagainya. Wah, cukup banyak juga ya ternyata!

Menyelami Wisata Bawah Air di Labuan Bajo

Siapa menyangka, tempat wisata di NTT yang tersembunyi di wilayah Indonesia Timur ini menyimpan jutaan hayati dan panorama alam yang menyejukan pandangan dan menenangkan pikiran. Selain wisata alam, Labuan Bajo juga menyimpan keindahan wisata air seperti Pink Beach dan Manta Point. Dengan keindahan biota bawah lautnya, tak heran jika dua tempat ini menjadi incaran wisatawan.

Pink Beach

pantai pink komodo

Mendengar namanya saja, Anda pasti sudah bisa membayangkan bahwa pantai ini ada sentuhan warna pinknya. Yups! Dugaan Anda memang tidak salah. Tetapi jangan berpikir yang berwarna pink itu adalah airnya ya

Jadi, kenapa disebut Pink Beach? Oke. Jadi, pantai ini disebut Pink Beach karena keunikan pasirnya yang berwarna pink.Pink Beach yang juga disebut sebagai Pantai Merah ini merupakan salah satu dari tujuh pantai berpasir merah muda yang ada di dunia.

Kok bisa pasirnya berwarna pink? Heran kan? Sama!

Warna pasir merah muda ini disebabkan oleh kerang dan biota laut di wilayah pantai ini. Dengan segala keunikan yang dimiliki, Pink Beach menjadi spot foto favorit bagi para turis yang berkunjung ke tempat ini.

Setelah puas memandangi sekeliling pantai yang memiliki panorama alam yang mengagumkan dan tampak asri ini, Anda bisa mencoba melakukan snorkeling atau diving untuk menimati biota laut yang tersembunyi di dalam perutnya. Terlebih pantai ini memang dikenal menyimpan pemandangan bawah laut yang luar biasa mengagumkan dengan beragam jenis ikan, batu karang, dan berbagai jenis biota lainnya.

Manta Point

manta point labuan bajo
Foto by pinterest.com

Nah, ini nih yang ditunggu-tunggu. Manta Point. Salah satu lokasi wisata favorit di Labuan Bajo untuk melakukan aktivitas air seperti diving dan snorkeling. Emang beda ya sama yang ada di Pink Beach?

Dari aktivitasnya sih sama saja, diving dan snorkeling. Baik di Pink Beach maupun Manta Point, Anda bisa menikmati ragam hayati bahwa laut di dua tempat ini.Tetepi, Manta Point memang yang paling menjadi incaran para wisatawan untuk melakukan aktivitas air.

Kok bisa? Memang istimewanya di mana?

Berjumpa Manta Ray di Manta Point

Nah, ini nih! Di Manta Point, Anda bukan hanya bisa melakukan snorkeling atau diving dan mengamati biota laut seperti karang dan ikan-ikan kecil, tetapi juga bisa berenang bersama ikan pari manta atau Manta Ray. Nah, seru kan?!

Rombongan manta ini sudah terbiasa melihat manusia yang beraktivitas di dalam air seperti orang-orang yang melakukan snorkeling, diving, atau orang-orang yang sedang menaiki kapal. So, mereka sudah tidak takut lagi dengan kehadiran manusia.

Anda yang berniat melakukan snorkeling atau diving pun tidak perlu takut karena ikan pari manta ini merupakan ikan-ikan yang ramah dan bersahabat dengan manusia. Anda akan merasakan asyiknya bermain-main dengan mereka saat sedang melakukan snorkeling atau diving. Ikan-ikan ini akan berenang di sekitar Anda seolah-olah sedang mengajak bermain.

Bukan hanya jika Anda melakukan snorkeling atau diving saja. Ikan pari manta ini juga akan menampakan diri ketika Anda menaiki kapal. Rombongan ikan manta akan berenang di sekitar kapal seolah-olah ingin mengajak bermain pula. Jika masih penasaran dengan ikan pari manta, tetapi Anda tidak memiliki keberanian untuk snorkeling atau diving, naik kapal adalah opsi lain untuk melihat ikan pari manta.

Selain ramah dan bersahabat, ikan pari manta juga tidak berbahaya karena tidak memiliki sting atau sengatan di ekornya sebagaimana jenis ikan pari yang lain. Meskipun demikian, sebaiknya Anda tetap melangkapi peralatan menyelam Anda dan memastikan peralatan menyelam tersebut berfungsi dengan baik.

Anda sebaiknya tetap mengikuti arahan instruktur dengan baik dengan tetap rileks dan jangan panik. Dengan begitu, Anda akan bisa bercengkerama lebih intim, akrab dan bersahabat dengan para manta, sekaligus tidak mencelakakan diri Anda.

Biota Lain di Manta Point

Selain rombongan Manta Ray atau ikan pari khas Indonesia Timur yang akan mengajak Anda bermain-main saat diving atau snorkeling, di Manta Point Labuan Bajo ini juga tersembunyi biota laut lainnya yang tak kalah mengagumkan. Salah satunya yaitu koloni ubur-ubur yang juga sering Nampak ketika para penyelam datang.

Jika ada manta di situ pasti ada ubur-ubur. Sebab, ubur-ubur merupakan makanan utama ikan pari manta. Maka dari itu, Anda juga perlu berhati-hati saat sedang menyelam. Sebaiknya gunakan pakaian tertutup saat menyelam agar tidak tersengat ubur-ubur. Selain itu, Anda juga harus menjaga jarak dengan koloni tersebut karena ikan Manta akan memakan mangsanya.

Selain pakaian yang tertutup, Anda sebaiknya juga memerhatikan arus.Manta point memiliki arus yang cukup kencang. Sebaiknya Anda mengikuti arahan instruktur dan tidak melawan arus.

Pemandangan lain di Manta Point yaitu deretan terumbu karang yang masih tampak begitu alami dan mengagumkan. Maka tak ada salahnya jika Anda membawa kamera dan sembari menyelam, Anda bisa mengambil beberapa gambar terumbu karang tersebut. Cantik lho!

Letaknya di Mana?

Setelah berbicara tentang keindahan Manta Point, Anda pasti penasaran di mana letaknya. Manta Point Labuan Bajo terletak di Loh Liang, Taman Nasional Komodo. Tempat ini bisa Anda tempuh sekitar 25 menit dari Pink Beach. Dekat kan? Jadi tak ada salahnya menjadikan dua wisata ini sebagai paket wisata bawah laut. Sama-sama menarik dan eksotik kok!

Bantu share ya agar wisata Indonesia semakin dikenal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Mau Liburan? Hubungi Kami Aja

Harga Hemat Pelayanan Hebat 

Temukan Artikel Menarik Lainnya

Copyright 2019 By Logo Lombok X Promosi Plus