Cara Ke Labuan Bajo Dari Jakarta Agar Lebih Nyaman

perjalanan tour ke pulau komodo

Jika anda adalah orang Jakarta yang ingin liburan ke Labuan Bajo namun bingung cara untuk sampai ditempat tersebut, jangan khawatir. Disini akan ada penjelasan singkat mengenai cara ke Labuan Bajo dari Jakarta.

Berwisata ke arah indonesia timur memang mengasyikkan. Hal ini karena banyak objek wisata yang masih terjaga keasliannya. Selain itu keunikan budaya yang dimiliki masyarakat lokal juga tidak kalah seru untuk disaksikan.

Tidak hanya dengan mengeksplorasi objek wisata, namun pengunjung juga akan mengenali budaya dari masyarakat lokal.

Labuan Bajo adalah destinasi wisata yang masih terjaga keindahannya. Banyak suguhan panorama menakjubkan dan tentunya sayang untuk dilewatkan bagi Anda yang hendak liburan di pulau Nusa Tenggara Timur. Terdapat banyak objek wisata yang masing-masing memiliki ciri khas dan lain dari tempat wisata yang lain.

3 Cara Ke Labuan Bajo Dari Jakarta

  • Jalur Darat

Terdapat 3 alternatif cara ke Labuan Bajo dari Jakarta yang bisa dipilih. Yang pertama adalah jalur darat menggunakan bus. Travel atau bus antar kota tujuan Bima dapat digunakan untuk menuju Labuan Bajo.

Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah 12 jam untuk sampai di kota bima. Selanjutnya perjalanan menuju Sape yang ditempuh selama 2 jam menggunakan bus dengan ukuran yang tidak cukup besar. Sesampainya di Sape, transportasi yang Anda butuhkan adalah kapal laut untuk menjangkau daerah di Labuan Bajo.

Waktu tempuh yang diperlukan adalah 8 jam menaiki kapal feri yang beroperasi setiap hari. Jam keberangkatan kapal adalah pagi dan sore tergantung kondisi cuaca yang sedang berlangsung.

Anda dapat menempuh Labuan Bajo dengan waktu yang fleksibel menggunakan alternatif ini, namun perlu kondisi kesehatan yang cukup baik agar Anda tidak terlalu lelah dan masih dapat berwisata secara nyaman selama berkunjung ke tempar tersebut.

  • Jalur Laut
cara ke labuan bajo dari jakarta

Alternatif kedua yang dapat dipilih adalah melalui jalur laut. Anda dapat memulai perjalanan dari Tanjung Benoa yang berada di Bali. Dengan menumpangi kapal feri dengan tujuan Labuan Bajo.

Perjalanan menggunakan mode transportasi ini memakan waktu yang cukup banyak yaitu 36 jam. Namun Anda tidak perlu khawatir karena semua kelelahan yang dirasakan selama perjalanan dapat dihilangkan dengan menyaksikan keindahan panorama alam di Labuan Bajo.

  • Jalur Udara

Alternatif ketiga yang paling mudah adalah menggunanakan jalur udara dengan menumpang pesawat terbang. Cara ini cenderung lebih praktis dan tidak membutuhkan waktu yang begitu lama.

Anda hanya perlu menaiki pesawat dengan tujuan denpasar dan melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo menggunakan transportasi yang sama.

Tips Liburan ke Labuan Bajo

Apabila sudah sampai di Labuan Bajo, ada beberapa cara agar biaya perjalanan yang anda habiskan tidak begitu banyak. Anda dapat berlibur dengan mengajak beberapa orang agar dapat menghemat pengeluaran. Pergi bersama sedikit menguntungkan karena Anda dapat berbagi biaya sewa kapal, sewa penginapan sekaligus biaya makan.

Waktu yang tepat untuk berlibur ke Labuan Bajo dengan biaya yang cukup murah adalah seminggu setelah natal dan tahun baru.

Seusai libur panjang biasanya biaya dalam bidang pariwisata sedikit lebih murah hal ini karena pengunjung relatif sedikit. Orang-orang akan lebih fokus untuk bekerja, sekolah maupun kuliah ketimbang berlibur.

Banyak dari maskapai penerbangan yang mengadakan promo dan potongan harga agar dapat menjaring pelanggan. Inilah kesempatan yang tepat bagi Anda untuk berlibur ke Labuan Bajo. Anda hanya perlu menaiki pesawat dari Jakarta dengan tujuan ke Lombok. Harga rata-rata yang dikeluarkan kurang lebih 500 ribu.

Selanjutnya Anda dapat menggunakan jalur darat untuk meneruskan perjalanan. Anda dapatenumpangi bus menuju Pelabuhan Kayangan.setelah itu penumpang harus berhenti di Masbagik untuk kemudian berganti moda transportasi menggunakan angkutan umum. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Lombok ke Sumbawa kurang lebih 2-3 jam tergantung kondisi gelombang.

Perjalanan berikutnya adalah menuju Bima dan anda dapat sambil menikmati keindahan Pulau Kenawa. Rehat di pulau ini dapat dilakukan karena bus menuju Bima dari pelabuhan Poto Tano hanya beroperasi pukul 20.00. Anda harus menyewa kapal nelayan agar dapat mendatangi pulau Kenawa.

Perjalanan di waktu malam dari poto tano ke Bima di malam hari dapat menekan biaya pengeluaran anda. Hal ini karena anda akan tertidur selama perjalanan tanpa harus membayar sewa penginapan dan bus baru sampai sekitar pukul 5 subuh. Setelah itu Anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan tujuan Sape.

Berikutnya Anda dapat memilih angkutan desa menuju pelabuhan Sape untuk menyebrang ke Flores. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam dengan tarif sekitar 30 ribu. Selanjutnya Anda dapat menaiki kapal laut menuju Flores dengan jam keberangkatan pukul 10.00 pagi . Diperlukan waktu 6-8 jam dan biaya sekitar 60 ribu untuk sampai ke Flores.

Setibanya di Flores pilihlah penginapan yang berada di Kampung Ujung dengan alasan harganya yang miring. Penginapan untuk pengunjung tersedia dengan variasi harga yang dapat dipilih sesuai dengan kantong. Letak penginapan disini relatif dekat dengan pelabuhan dan mudah untuk menemukan pusat jajanan dan kuliner seafood.

Jika Anda ingin menikmati suasana di Labuan Bajo secara maksimal, menyewa motor adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menyusuri seluruh tempat wisata yang ingin didatangi.

Harga sewa yang paling murah senilai 50 ribu per hari. Sementara itu, menyewa kapal ke pemilik langsung juga lebih disarankan dari pada menyewa ke agen tour mengingat harga yang tentu berbeda. Harganya beragam tergantung dengan banyak tujuan yang akan didatangi.

Untuk menghemat biaya, Anda tidak perlu sailing sampai berhari-hari. Pada umumnya, pengunjung membutuhkan waktu selama 3 hari untuk sailing jika tergabung ke dalam paket tour.

Tetapi pengunjung yang ingin menjelajahi seluruh bagian pulau tidak perlu untuk melakukan hal serupa. Waktu 1 hari sudah dirasa cukup mendatangi pulau rinca agar dapat melihat komodo, ke pulau Kelor untuk mendaki bukit,  dan ke Pulau Kanawa untuk snorkeling.

Jalan-jalan tidak berasa lengkap jika tidak membawa oleh-oleh ketika pulang. Buah tangan yang dibawa dari liburan dapat menjadi kenang-kenangan untuk orang terdekat sekaligus sebagai pengingat bahwa Anda pernah berkujung ke tempat tersebut. Lalu dimanakah Anda harus belanja oleh-oleh murah dan unik di Labuan Bajo?

Anda tidak perlu khawatir karena di Pasar Wai Kesambi tersedia beragam jenis oleh-oleh khas dari Labuan Bajo.  Harga yang ditawarkan relatif lebih murah dari pada toko yang berada di sekitar objek wisata. Anda dapat belanja sesuai keinginan dan dapat melakukan tawar menawar agar mendapatkan harga yang sesuai.

Setelah puas menimmati beragam keindahan yang disajikan di Labuan Bajo, Anda dapat pulang ke Jakarta menggunakan pesawat. Agar lebih murah pilihlah pesawat yang transit di Bali. Estimasi biaya yang dibutuhkan sebesar 1,1 sampai dengan 1,2 juta saat musim liburan telah usai.

Itulah cara ke Labuan Bajo dari Jakarta dan beberapa tips liburan ke Labuan Bajo agar Anda dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan mengesankan. Anda hanya perlu menyiapkan daftar kunjungan yang paling ingin anda datangi dan mengeksplor keindahan alam yang disuguhkan.

Bantu share ya agar wisata Indonesia semakin dikenal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Mau Liburan? Hubungi Kami Aja

Harga Hemat Pelayanan Hebat 

Temukan Artikel Menarik Lainnya

Copyright 2019 By Logo Lombok X Promosi Plus